Rabu, 19 November 2008

BAB IV

IV. APLIKASI YANG TERSEDIA

Membuat website, tentunya sangat manarik dan menantang bagi kita. Karena membuat sebuah website memerlukan pandangan yang luas dan pemikiran yang tajam agar menghasilkan mahakarya yang memuaskan. Banyak tool-tool yang memudahkan kita membangun sebuah website. Yang cukup populer sekarang adalah dengan CMS (content management system), misalnya Wordpress, Joomla, Mambo, Phpnuke dan sebagainya. Kali ini saya ajak anda mengenal pembangunan website dengan CMS Drupal

CMS(Content Management System)

CMS adalah software yang digunakan untuk mengatur dokumen dan konten sebuah system. Struktur CMS secara garis besar terdiri dari dua bagian, yaitu Frontend dan Backend. Frontend adalah tampilan halaman web, yaitu halaman yang diakses oleh pengunjung umum. sedangkan Backend adalah bagian administrasi yang hanya bisa diakses sang pemilik web maupun orang-orang yang telah ditunjuk untuk melakukan manajemen website.

Product & Service

Content Management System (CMS)

Kami menawarkan sebuah aplikasi untuk mengelola content website atau CMS (Content Management System) sehingga proses pengelolaan data bisa dilakukan secara mandiri tanpa tergantung dengan pihak pengembang (web developer).

Pengelolaan data meliputi:
1. penambahan data baru
2. modifikasi data
3. seleksi/approval data
4. penghapusan data
5. pengawasan proses kerja
6. publikasi data di website

Fitur Aplikasi Secara Umum:
1. Mampu mengelola content website baik dari manajemen navigasi maupun content/isi website.
2. Hak akses pengolahan data (Add, Edit, Delete, Pending, Publish)
3. User Friendly Editor, yang akan memudahkan anda untuk mengolah data
4. Multi User, bisa dikelola lebih dari 1 orang, baik level administrator maupun kontributor.
5. Statistik update data.

Aplikasi CMS dalam www.belanjamurah.com

Dalam website www.belanjamurah.com terdapat beberapa system yang tergabung dalam Content Management System, dimana beberapa fitur yang ada dalam website ini digunakan oleh user dalam hal ini yaitu customer langsung ataupun juga bagi perusahaan lainya yang berkeingin bekerja sama.

Dalam Website ini ada 2 user yaitu satu yaitu

  • System administrator dalam hal ini adalah owner dari pemilik belanjamurah.com yang bertugas memantau data produk dan juga memantau traffic situs ini selain itu juga yang berkewajiban untuk mengupdate produk-produk terbaru dan juga bonus yang ada. Administrator mempunyai akses tak terbatas dalam website ini dia juga bisa melakukan berbagai hak akses pengelolaan data (add,edit,delete,pending,publish)
  • Kontributor adalah user umum yang biasa mengakses website untuk berbelanja baik itu personal atau sebuah perusahaan, untuk kontributor tipe personal customer tidak memerlukan sebuah account khusus hanya cukup mengisi beberapa data diri untuk sekedar registrasi untuk bisa berbelanja, tetapi untuk kontributor perusahaan mesti harus mengisi beberapa formulir pendaftaran khusus dimana ada beberapa kontrak kerja yang akan dikirimkan ke email mereka dan akan diadakan beberapa kali pertemuan kerjasama terlebih dahulu.

Fitur yang akan disupport oleh CMS dalam website ini antara lain:

· Fitur home and About Us

Ini adalah bagian pengenalan untuk website ini dalam halaman home adalah halaman yang memuat beberapa gambaran tentang produk yang dijual dan juga perkenalan sedikit tentang website tersebut. Untuk bagian About Us memuat biodataa tentang perusahaan ini situs ini bagaimana mengcontact mereka dan juga terdapat alamat YM mereka serta email dan no telepon.

· Fitur Product Catalogue

Dalam halaman website ini berisi fitur produk catalog yang berisi berbagai jenis produk yang dijual oleh website ini yang berisi berbagai accessories dan beberapa hiasan lainnya dimana akan ada berbagai foto produk dan penjelasan produk itu sendiri dan setelah memilih produk tersebut akan masuk ke fitur selanjutnya yaitu fitur pemesanan.

· Fitur pemesanan

Dalam fitur ini berisi form pemesanan yang berisi tentang data diri customer terutama alamat dan juga no telepon, dan juga setelah itu mengikuti proses pemesanan dan transaksi akan dilakukan pembayaran lewat transfer atm

· Fitur Contract With Us

Berisi format kontrak kerja untuk berbagai distributor accessories untuk menaruh barangnya di situs ini untuk dijual lagi ke orang lain. Berisi berbagai persyaratan dan formulir kerja sama. Dan juga berbagai persyaratan lainnya.

· Forum

Berisi fitur forum dimana customer bisa mencari informasi update terbaru tentang trend fashion dan accessories terbaru dan juga saling sharing tentang fashion dan pernak-perniknya. Dan juga untuk menampung kritik dan saran buat perkembangan situs ini.

Management data

Untuk management data terutama data pemesanan akan diproses dalam system dimana akan menampung berbagai ordering data dan akan diklasifikasikan sesuai tanggal pemesanan dan juga jumlah unit serta jenis produk yang dipesan dan data ini akan diberikan langsung ke divisi gudang dan akan diproses pengemasan dan dikirimkan langsung ke customer dalam tempo satu hari untuk dalam kota dan beberapa hari untuk di luar kota tergantung jauh nya kota tersebut.

Untuk data diri customer akan disimpan dalam database pelanggan dan akan dilakukan follow up kembali untuk pemesanan kembali produk dengan melakukan pengiriman email langsung tentang produk update ke email customer dan juga untuk beberapa promo tertentu.

Tidak ada komentar: