Rabu, 22 Oktober 2008

Tulisan dan penilitan yang terkait

II. TULISAN / PENELITIAN YANG TERKAIT

A.Tulisan/Penelitian yang terkait
·
Definisi E-Payment

E-Payment suatu sistem menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau barang-barang yang dilakukan di Internet. Didalam membandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, pelanggan mengirimkan semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di Internet dan tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan. Di dunia sesungguhnya (offline), konsumen menggunakan uang tunai, cek, atau kartu kredit untuk melakukan pembelian. Hal ini juga berlaku di dunia online. Ada asumsi bahwa bentuk khusus dari cash elektronik atau digital dibutuhkan untuk B2C (Business-to-Consumer) dan merupakan bentuk lain E-Commerce untuk bertahan dan berkembang. Saat ini, sebagian besar pembelian melalui web dilakukan dengan kartu kredit. Pembayaran ini melibatkan pemindahan dana secara elektronik. Selain kartu kredit dan transfer dana, bentuk lain dari E-Payment yaitu smart card, digital cash, digital check, dan tagihan elektronik.

Ada beberapa pihak yang terlibat di dalam E-Payment, yaitu :
Issuer, biasanya berupa bank atau lembaga non banking.
• Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment.
• Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
• Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.

Di dunia offline, pembayaran biasanya dilakukan secara face-to-face
(bertatap muka), sehingga ada kepercayaan bahwa sulit untuk melakukan
penipuan. Sedangkan di dunia online, di mana antara pembeli dan penjual berada
di tempat yang berbeda (tidak saling bertatap muka) sehingga masalah
kepercayaan harus diperhatikan. Istilah PAIN (Privacy, Authentication, Integrity,

Non-Repudition) digunakan untuk menunjukkan masalah utama kepercayaan yang harus diatasi dengan metode E-Payment yang lain (Cornwell, 2000). Arti dari akronim PAIN, yaitu:
a. Privacy, yaitu pihak yang terlibat harus yakin bahwa detail transaksi
dirahasiakan dan tidak digunakan untuk tujuan yang lain selain yang sudah
disetujui.
b. Authentication, yaitu pembeli dan penjual serta perantara harus yakin bahwa
partisipan telah diberi wewenang saat menawarkan, memindahkan, dan
menerima pembayaran.
c. Integrity, yaitu pihak yang terlibat harus yakin bahwa E-Payment tidak dapat
diubah.
d. Non-Repudition, yaitu pihak yang terlibat harus yakin bahwa E-Payment
mengikat partisipan pada transaksi dan tidak ada pihak yang menyangkal.

· Sistem Pembayaran

Terdapat beberapa contoh sistem pembayaran (E-Paymen System) :

· Micropayment

· E-wallet

· E-cash / Digital Cash

· Credit Card, Smartcard

· Electronic Bill Presentment and Payment

Berbagai contoh e-payment seperti: Paypal(www.paypal.com), e-gold(dapat dari berbagai penyedia e-gold)

Beberapa gateway payment di Indonesia:

Commerce.net
www.commerce.net.id

CIPAS Internet Payment Acquiring Software
www.cipas.com

B. Contoh Tulisan / penelitian terkait

1. PAYPAL.COM

saat ini PayPal adalah payment gateway yang paling populer di dunia. Proses registrasi cepat dan tidak perlu membuat program yang sulit untuk menghubungkan barang yang dijual ke pemrosesan paypal. Asal ada form html yang berisi nama dan harga barang (bisa generate otomatis dari PayPal), PayPal akan memproses secara otomatis termasuk menyediakan shopping cartnya. Tampilan juga bisa diatur sesuai dengan tampilan situs jualan kita. Yang menarik lagi, tidak ada biaya setup, bulanan, maintenance, sehingga costnya cukup rendah (bahkan kita akan mendapatkan bonus 5 USD pada saat pendaftaran). Biaya hanya akan dipungut pada saat transaksi.

Bagi pengguna baru, tahapan registrasi di Paypal sangat sederhana karena hanya terdiri dari tiga tahap yaitu: pemilihan jenis account, pengisian data dan konfirmasi.Pendaftaran dapat dilakukan secara gratis dengan mengisi form pendaftaran















Di form tersebut kita diminta memilih jenis account kita, apakah Personal, Premier atau Business. Ketiga account tersebut memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima pembayaran, hanya fitur yang disediakan serta biaya (fee) yang dikenakan berbeda-beda. Yang pasti ketiga account tersebut memiliki persamaan yaitu gratis untuk registrasi (open an account), pengiriman uang (send money) dan penambahan dana (add fund). Sedangkan jenis Personal Account hanya mendukung penerimaan uang (receive money) dari account lain dan bukan dari kartu kredit. Lengkapnya perb
andingan itu bisa dilihat dari gambar di bawah:













Untuk pengguna baru, sebaiknya mulai saja dengan memilih Personal Account. Setelah ada keperluan untuk menerima pembayaran kartu kredit dari pihak lain, account gampang untuk diupgrade ke level lebih atas (premier atau business). Setelah itu registrasi tinggal dilanjutkan saja dengan pengisian data dan terakhir konfirmasi. Jadilah account Paypal anda, dan siap untuk mengirim atau menerima pembayaran lewat Internet .

http://romisatriawahono.net/2006/10/15/paypalcom-masuk-indonesia/

4. E-GOLD

Meskipun juga sama-sama menyediakan fitur payment gateway, tapi e-gold memiliki konsep yang sedikit berbeda. e-gold menggunakan standard nilai berdasarkan harga emas murni 100% yang berlaku di dunia dan ini yang direpresentasikan dalam bentuk rekening tabungan e-gold. Kita bisa mencoba langsung membuka rekening e-gold, karena pendaftarannya bersifat gratis. Proses pengisian tabungan di rekening adalah dengan mengirimkan uang rupiah kepada pedagang e-gold (Indonesia juga ada), dan kemudian nominal yang kita bayarkan akan muncul di account tabungan e-gold kita (USD). Proses pencairannya juga sama, karena kita tingal menjual e-gold kita ke pedagang tersebut. Atau cara pencairan lain adalah dengan menggunakan debit card e-forexgold.com (terkena biaya 50 USD), dan dengan card e-forexgold tersebut kita tinggal mencairkan melalui mesin ATM berlogo mastercard, maestro dan cirrus (ATM BCA, dsb).

C. Perbedaan DOMPETKU System dengan dengan E-payment

Konsep DOMPETKU ini sesuai visinya diberikan untuk memudahkan orang awam pun bisa bertransaksi secara online dengan jumlah uang yang terbatas dan dengan mudah bisa membuat account tersebut.

Beberapa perbedaannya yaitu:

· Konsep mata uang hanya mengenal Rupiah saja

· Lebih mudah dimana dengan mendaftar satu account di www.belanjamurah.com bisa langsung mendapatkan sebuah account tabungan virtual DOMPETKU langsung dan mendapat poin uang sebesar Rp1000,00 langsung terisi di setiap account mereka.

· Untuk mengisi saldo dalam DOMPETKU bisa dengan transfer lewat atm di beberapa bank tertentu

· Adanya batasan jumlah saldo yang boleh terisi di tiap DOMPETKU dimana setiap DOMPETKU hanya bisa menampung saldo uang paling besar sejumlah Rp 150.000,00 apabila mau mengisi lagi mesti menghabiskan dulu saldo ini dengan berbelanja di E-shop.

· Setiap jumlah uang yang tersimpan di DOMPETKU ini bisa diberikan bonus bunga tambahan sehingga bisa digunakan juga sebagai tabungan, tetapi dengan konsekuensi ini tidak bisa ditukarkan dalam bentuk uang, hanya bisa untuk dibelanjakan.

· Hanya berlaku untuk di Indonesia saja.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Materinya bagus banget, cocok buat bahan tugas makalah kuliah gw, trims ya..^_^

andre