Rabu, 22 Oktober 2008

Projek Electronic-Shop www.belanjamurah.com payment System

I. PENGANTAR

Fokus kegiatan

Projek Electronic-Shop www.belanjamurah.com payment System

www.belanjamurah.com adalah e-shop/e-commerce yang menjual barang-barang dengan harga murah dan terjangkau sehingga memberi kesempatan bagi customer yang memiliki keterbatasan dana tapi bisa berbelanja online dengan mudah dan cepat.

E-shop ini menjual berbagai macam pakaian dan accessories cantik buat yang gaul dan trendy buat anak muda maupun umum, dimana barang-barang yang dijual ini memiliki harga tidak lebih Rp 50.000 , sehingga terjangkau bagi kalangan manapun.

E-shop ini pun menggunakan konsep e-payment dengan menggunakan system e-wallet sederhana dan mudah dipakai. E-payment disini dengan membuat sebuah e-wallet atau kita sebut dengan nama “DOMPETKU” dengan account tertentu untuk setiap customer yang tertarik untuk berbelanja disini, dimana mereka bisa mengisi saldo tabungan uang mereka dalam system, sehingga nanti pada saat belanja mereka tinggal memilih barang dan secara langsung akan mengurangi saldo tabungan dalam e-wallet mereka, sehingga mereka tidak perlu merasa kebingungan lagi pada saat berbelanja (“pilih langsung dikirim barangnya”) .

Definisi DOMPETKU dalam e-shop www.belanjamurah.com

DOMPETKU dalam e-shop ini adalah sebuah e-payment berbasis E-Wallet dimana memberi sebuah account tabungan virtual sehingga mempermudah customer saat berbelanja dengan batasan limit jumlah besarnya uang tertentu, jadi customer cukup mengisi saja tabungan itu lalu pada saat berbelanja dengan secara langsung system akan menarik jumlah uang sesuai dengan belanjaan yang dibeli dari account DOMPETKU setiap pelanggan.

Setiap Customer bisa langsung mendaftar dan membuat sebuah account di website ini dan langsung mendapatkan tabungan langsung sebesar Rp1000,00 dalam e-wallet mereka, kelebihan e-payment ini mereka bisa mengisi account DOMPETKU mereka dengan cara mentransfer langsung lewat atm dari bank manapun yang telah ditunjuk sebelumnya, dan mereka bisa mengisi dengan ketentuan jumlah tertentu yaitu Rp 20.000,00 s/d Rp 150.000,00, dan juga ini dalam rupiah sehingga orang awam pun gak perlu susah-susah punya kartu kredit ataupun uang dollar seperti website-website lain, dan mereka bisa mendaftar dan berbelanja hanya menggunakan uang Rp20.000 saja sudah bisa langsung berbelanja. Apabila limit e-wallet anda sudah habis akan ada muncul sebuah pesan peringatan kalo account tabungan anda telah habis.

Tujuan pemakaian E-payment berbasis e-wallet

Dalam bertransaksi keuangan dibutuhkan sebuah keamanan, dan kejelasan system pembayaran, dengan adanya system ini bisa memberi sebuah alternative baru dan solusi untuk melakukan transaksi tertentu,

Berikut ini beberapa tujuan pemakaian e-payment

  • Untuk mempermudah akses transaksi pembayaran seseorang di sebuah layanan e-commerce dan dengan e-payment tersebut Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser.
  • Memberikan keamanan bertransaksi yang lebih dibandingkan cash
  • Mempermudah transaksi yang berjauhan tempat
  • Mempersingkat waktu transaksi sehingga bisa lebih mudah
  • Menambah kemudahan pembayaran dan perluasan media

pembayaran,

  • Mempermudah transaksi sehingga menambah nilai lebih sebuah e-commerce untuk nasabah atau pelanggan itu.

Dalam konsep DOMPETKU dalam www.belanjamurah.com itu jg nanti bertujuan untuk:

  • Memudahkan orang berbelanja online hanya dengan mendaftar dan membuat account langsung bisa berbelanja
  • Mempercepat proses transaksi sehingga tidak perlu adanya order atau sebagainya jadi tinggal pilih langsung dikirim barangnya dan saldo juga akan terpotong sendirinya.
  • Membuat konsep e-payment yang lebih sederhana dimana menggunakan mata uang rupiah dan dengan limit jumlah uang yang tidak terlalu besar.
  • Menggunakan e-wallet berbasis mata uang rupiah memberi rasa aman daripada menggunakan dollar
  • Memberi kemudahan bagi orang-orang yang terbatas dalam keuangan tapi ingin coba berbelanja disini. Karena mereka tidak perlu mengurus apa-apa
  • Pembatasan jumlah besarnya uang yang boleh disimpan di e-wallet memberi rasa aman dari tindakan penipuan, karena mereka akan merasa lebih tidak merasa rugi daripada mereka mesti menabung berjuta-juta ternyata ditipu, mereka bisa menabung hanya Rp 20.000 saja mereka udah bisa jadi lebih aman.

Visi Pemakaian E-Payment berbasis e-wallet sederhana

Visi penggunaan teknologi ini adalah

  • Menciptakan sebuah E-commerce yang lebih tradisional untuk menjaring masyarakat yang lebih luas, dengan menggunakan teknologi sederhana dan mudah.
  • Mengajak masyarakat untuk tahu betapa enaknya berbelanja online
  • Membuat konsep berbelanja yang mudah, praktis dan cepat
  • Membuat system pembayaran yang lebih cepat, aman, dan mudah penggunaannya dan bisa dipakai oleh siapa saja.
  • Berbelanja dengan moto”silahkan pilih lalu kami antar”

Tulisan dan penilitan yang terkait

II. TULISAN / PENELITIAN YANG TERKAIT

A.Tulisan/Penelitian yang terkait
·
Definisi E-Payment

E-Payment suatu sistem menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau barang-barang yang dilakukan di Internet. Didalam membandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, pelanggan mengirimkan semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di Internet dan tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan. Di dunia sesungguhnya (offline), konsumen menggunakan uang tunai, cek, atau kartu kredit untuk melakukan pembelian. Hal ini juga berlaku di dunia online. Ada asumsi bahwa bentuk khusus dari cash elektronik atau digital dibutuhkan untuk B2C (Business-to-Consumer) dan merupakan bentuk lain E-Commerce untuk bertahan dan berkembang. Saat ini, sebagian besar pembelian melalui web dilakukan dengan kartu kredit. Pembayaran ini melibatkan pemindahan dana secara elektronik. Selain kartu kredit dan transfer dana, bentuk lain dari E-Payment yaitu smart card, digital cash, digital check, dan tagihan elektronik.

Ada beberapa pihak yang terlibat di dalam E-Payment, yaitu :
Issuer, biasanya berupa bank atau lembaga non banking.
• Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment.
• Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
• Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.

Di dunia offline, pembayaran biasanya dilakukan secara face-to-face
(bertatap muka), sehingga ada kepercayaan bahwa sulit untuk melakukan
penipuan. Sedangkan di dunia online, di mana antara pembeli dan penjual berada
di tempat yang berbeda (tidak saling bertatap muka) sehingga masalah
kepercayaan harus diperhatikan. Istilah PAIN (Privacy, Authentication, Integrity,

Non-Repudition) digunakan untuk menunjukkan masalah utama kepercayaan yang harus diatasi dengan metode E-Payment yang lain (Cornwell, 2000). Arti dari akronim PAIN, yaitu:
a. Privacy, yaitu pihak yang terlibat harus yakin bahwa detail transaksi
dirahasiakan dan tidak digunakan untuk tujuan yang lain selain yang sudah
disetujui.
b. Authentication, yaitu pembeli dan penjual serta perantara harus yakin bahwa
partisipan telah diberi wewenang saat menawarkan, memindahkan, dan
menerima pembayaran.
c. Integrity, yaitu pihak yang terlibat harus yakin bahwa E-Payment tidak dapat
diubah.
d. Non-Repudition, yaitu pihak yang terlibat harus yakin bahwa E-Payment
mengikat partisipan pada transaksi dan tidak ada pihak yang menyangkal.

· Sistem Pembayaran

Terdapat beberapa contoh sistem pembayaran (E-Paymen System) :

· Micropayment

· E-wallet

· E-cash / Digital Cash

· Credit Card, Smartcard

· Electronic Bill Presentment and Payment

Berbagai contoh e-payment seperti: Paypal(www.paypal.com), e-gold(dapat dari berbagai penyedia e-gold)

Beberapa gateway payment di Indonesia:

Commerce.net
www.commerce.net.id

CIPAS Internet Payment Acquiring Software
www.cipas.com

B. Contoh Tulisan / penelitian terkait

1. PAYPAL.COM

saat ini PayPal adalah payment gateway yang paling populer di dunia. Proses registrasi cepat dan tidak perlu membuat program yang sulit untuk menghubungkan barang yang dijual ke pemrosesan paypal. Asal ada form html yang berisi nama dan harga barang (bisa generate otomatis dari PayPal), PayPal akan memproses secara otomatis termasuk menyediakan shopping cartnya. Tampilan juga bisa diatur sesuai dengan tampilan situs jualan kita. Yang menarik lagi, tidak ada biaya setup, bulanan, maintenance, sehingga costnya cukup rendah (bahkan kita akan mendapatkan bonus 5 USD pada saat pendaftaran). Biaya hanya akan dipungut pada saat transaksi.

Bagi pengguna baru, tahapan registrasi di Paypal sangat sederhana karena hanya terdiri dari tiga tahap yaitu: pemilihan jenis account, pengisian data dan konfirmasi.Pendaftaran dapat dilakukan secara gratis dengan mengisi form pendaftaran















Di form tersebut kita diminta memilih jenis account kita, apakah Personal, Premier atau Business. Ketiga account tersebut memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima pembayaran, hanya fitur yang disediakan serta biaya (fee) yang dikenakan berbeda-beda. Yang pasti ketiga account tersebut memiliki persamaan yaitu gratis untuk registrasi (open an account), pengiriman uang (send money) dan penambahan dana (add fund). Sedangkan jenis Personal Account hanya mendukung penerimaan uang (receive money) dari account lain dan bukan dari kartu kredit. Lengkapnya perb
andingan itu bisa dilihat dari gambar di bawah:













Untuk pengguna baru, sebaiknya mulai saja dengan memilih Personal Account. Setelah ada keperluan untuk menerima pembayaran kartu kredit dari pihak lain, account gampang untuk diupgrade ke level lebih atas (premier atau business). Setelah itu registrasi tinggal dilanjutkan saja dengan pengisian data dan terakhir konfirmasi. Jadilah account Paypal anda, dan siap untuk mengirim atau menerima pembayaran lewat Internet .

http://romisatriawahono.net/2006/10/15/paypalcom-masuk-indonesia/

4. E-GOLD

Meskipun juga sama-sama menyediakan fitur payment gateway, tapi e-gold memiliki konsep yang sedikit berbeda. e-gold menggunakan standard nilai berdasarkan harga emas murni 100% yang berlaku di dunia dan ini yang direpresentasikan dalam bentuk rekening tabungan e-gold. Kita bisa mencoba langsung membuka rekening e-gold, karena pendaftarannya bersifat gratis. Proses pengisian tabungan di rekening adalah dengan mengirimkan uang rupiah kepada pedagang e-gold (Indonesia juga ada), dan kemudian nominal yang kita bayarkan akan muncul di account tabungan e-gold kita (USD). Proses pencairannya juga sama, karena kita tingal menjual e-gold kita ke pedagang tersebut. Atau cara pencairan lain adalah dengan menggunakan debit card e-forexgold.com (terkena biaya 50 USD), dan dengan card e-forexgold tersebut kita tinggal mencairkan melalui mesin ATM berlogo mastercard, maestro dan cirrus (ATM BCA, dsb).

C. Perbedaan DOMPETKU System dengan dengan E-payment

Konsep DOMPETKU ini sesuai visinya diberikan untuk memudahkan orang awam pun bisa bertransaksi secara online dengan jumlah uang yang terbatas dan dengan mudah bisa membuat account tersebut.

Beberapa perbedaannya yaitu:

· Konsep mata uang hanya mengenal Rupiah saja

· Lebih mudah dimana dengan mendaftar satu account di www.belanjamurah.com bisa langsung mendapatkan sebuah account tabungan virtual DOMPETKU langsung dan mendapat poin uang sebesar Rp1000,00 langsung terisi di setiap account mereka.

· Untuk mengisi saldo dalam DOMPETKU bisa dengan transfer lewat atm di beberapa bank tertentu

· Adanya batasan jumlah saldo yang boleh terisi di tiap DOMPETKU dimana setiap DOMPETKU hanya bisa menampung saldo uang paling besar sejumlah Rp 150.000,00 apabila mau mengisi lagi mesti menghabiskan dulu saldo ini dengan berbelanja di E-shop.

· Setiap jumlah uang yang tersimpan di DOMPETKU ini bisa diberikan bonus bunga tambahan sehingga bisa digunakan juga sebagai tabungan, tetapi dengan konsekuensi ini tidak bisa ditukarkan dalam bentuk uang, hanya bisa untuk dibelanjakan.

· Hanya berlaku untuk di Indonesia saja.